Secara umum, pengertian Facebook Ads adalah upaya mengiklankan halaman Facebook maupun website yang kamu buat. Tujuannya untuk menjangkau pembaca lebih banyak lagi. Iklan Facebook ini lebih sering digunakan sebagai penyemarak atau hype. Untuk mengetahui definisi Facebook Ads secara luas, simak uraiannya sebagai berikut.
Selama ini masih cukup banyak yang belum memahami bagaimana Facebook Ads bekerja. Jika pemasaran lewat Facebook Ads digunakan untuk menjual produk seperti baju, sepatu, laptop, dan sebagainya, tentu kurang efektif. Para pengunjung akan bosan karena merasa tidak ada nilai yang mereka dapatkan.
Sebaliknya, jika produk yang kamu tawarkan berupa jasa atau hal-hal yang bernilai lebih, Facebook Ads bisa menjadi sumber dari penghasilan utama sehari-hari. Contohnya jualan e-book, buku, jasa training, tiket konsermu. Dalam waktu singkat, produk-produk tersebut akan terkenal. Akan tetapi, produk seperti baju, sepatu, dan sebagainya masih punya peluang.
Caranya bisa mengadopsi langkah-langkah yang ditempuh untuk menjual jasa, tiket konser, dan sebagainya. Misalnya kamu punya produk berupa sepatu. Maka, artikel yang wajib diiklankan berkaitan dengan tren sepatu, kegunaan sepatu, dan hal-hal yang menjadi konsumsi pikiran atau nalar. Dari jalan itulah kamu bisa mempengaruhi pemikiran mereka.
Lakukan Riset untuk Tentukan Karakter Pengunjung
Ketika ingin meramaikan halaman Facebook serta website dengan tema apa pun, pastikan untuk lebih dulu riset. Soalnya kalau tidak ada riset, pengunjung yang tidak berkepentingan bisa masuk begitu saja. Perlu diketahui, bahwa Facebook memiliki daya saring tinggi terhadap kebiasaan, koneksi, dan demografi berdasarkan lokasi geografinya.
Dengan kata lain, ketika kamu ingin menjual produk tas, maka target pengunjung yang dibidik Facebook pasti berkaitan dengan orang yang kerap membahas soal tas. Salah satu cara tepat untuk mendapatkan pengunjung tertarget dengan riset kompetitor. Soalnya kompetitor pasti memiliki pengunjung tetap yang masih aktif.
Kalau sudah menemukan kompetitor, pelajari bagaimana cara mereka bikin konten, cara menarik perhatian pembaca, dan sebagainya. Trik terbaik adalah dengan rumus KTP untuk memahami rahasia pengertian Facebook Ads. Sebelum pakai KTP (Kumpulkan konten, Tingkatkan bahasan, Promosi), pakai ATM (Amati Tiru Modifikasi) sebagai permulaan.
Kenapa? Soalnya untuk menggunakan teknik KTP memerlukan pemahaman lebih lanjut. Jika belum jadi expert di bidang yang kamu geluti, bakal menguras waktu lebih banyak. Dengan metode ATM, lebih menyingkat waktu. Barulah kamu promosikan lewat jalan Facebook Ads untuk meraih pengunjung lebih banyak.
Dalam riset, ada beberapa hal yang wajib menjadi patokan. Pertama, soal ketertarikan pengunjung atau audience. Kedua, soal jenis kelaminnya berdasarkan usianya. Ketiga, jenis website yang paling senang mereka kunjungi atau yang sering dibagikan kontennya. Terakhir, soal topik, kebiasaan mereka sehari-hari, profesi, serta produk yang dibutuhkan.
Bikin Iklan yang Diyakini Pasti Menarik Pengunjung Tertarget
Kenapa harus yakin? Setelah memahami pengertian Facebook Ads, meyakini kebaikan apa pun yang kamu lakukan bisa menjadi sumber energi berkelanjutan. Sebuah iklan Facebook bisanya terdiri dari 2 bahan saja, yaitu teks dan gambar. Dalam ilmu marketing, teks dalam iklan yang paling berpotensi mengundang klik hampir pasti sederhana.
Kalau bisa, bikinlah sebuah teks maupun gambar iklan yang bersifat provokatif. Dengan kata lain, iklan yang mampu membuat pengunjung tertarget terangsang untuk bertindak itulah yang bisa dikatakan berhasil. Tujuan iklan sebenarnya bukan hanya untuk mengenalkan, tetapi memengaruhi pikiran pengunjung agar melakukan sesuai keinginan kita.
Apa mirip dengan cuci otak? Tentu sangat berbeda karena iklan lebih bersifat sukarela. Para pengunjung yang membeli produk dari kamu, misalnya, tentu sudah melewati berbagai proses kesadaran. Dari berbagai pertimbangan itulah akhirnya mereka percaya dan menjadi langganan atas produk-produkmu.
Adakah Fitur Facebook Ads yang Canggih?
Tentu ada. Sudah bertahun-tahun Facebook mengalami berbagai perubahan dari segi sistem maupun tampilan. Termasuk juga dalam pengelolaan Facebook Ads untuk para penggunanya. Ada fitur canggih bernama Lookalike Audience. Fitur ini mampu menarget pengunjung yang mirip dengan karakter pengunjung lama.
Jadi, kamu tidak perlu lagi mengatur ini-itu untuk menyesuaikan pengunjung tertarget dengan hasil yang diinginkan. Lalu ada fitur bernama Conversion Tracking. Fitur tersebut mampu mendeteksi jumlah pengunjung yang telah membeli atau menggunakan produk milikmu. Informasi yang ditampilkan sangat akurat berhubung bikinan Facebook sendiri.
Fitur lain yang tidak kalah canggih adalah Retargeting. Berhubung ada imbuhan “re”, maka jelas berkaitan dengan para target yang pernah mengunjungi website maupun halamanmu. Cara ini ditempuh untuk membuat pengunjung tersebut menjadi semacam pelanggan atau pengunjung setia. Namun kamu wajib meningkatkan kualitas konten agar relevan.
Pentingnya Kehadiran Customer Service yang Tepat
Kehadiran customer service yang tepat mampu memperkuat hasil konversi dari iklan menjadi penghasilan. Inilah faktor terpenting untuk memahami keseluruhan pengertian Facebook Ads. Bukankah tujuan akhir dari Facebook Ads untuk meraih keuntungan seperti yang kamu inginkan? Maka dari itu, pertimbangkan cara untuk merekrut customer service terbaik.
Mulai dari interview atau wawancara. Lewat proses ini, kamu akan lebih mengetahui kecenderungan, keterampilan, karakter, serta seberapa ia paham dengan konsep bisnis atau pengetahuan atas produk-produkmu. Customer service yang baik juga memiliki inisiatif serta cepat-tanggap terhadap berbagai kasus yang menyangkut pelanggan.
Kelebihan Banjardigital.id dalam Memaksimalkan Iklanmu
Poin-poin di atas baru permulaan untuk mencapai tingkat kesuksesan saat hendak menggunakan Facebook Ads. Sebagai penyedia jasa Facebook Ads, kami mampu menawarkan layanan yang lebih dari sekadar teori untukmu. Targetnya untuk memperoleh pengunjung dari Facebook sebanyak mungkin.
Kami sudah berpengalaman dalam membuat website, optimasi konten, serta membuat iklan termasuk Facebook Ads. Dengan menggunakan layanan dari banjardigital.id, kamu pun tidak perlu repot-repot mempelajari atau mempraktikkan poin-poin di atas. Tinggal terima beres saja. Jadi, waktu-waktumu bisa digunakan untuk mengembangkan hal-hal lain.